Misteri Sungai Bengawan Solo yang hingga kini belum terungkap

Di berbagai tempat yang dilalui sungai bengawan solo ini pasti mempunyai cerita mistik yang berbeda beda. Kebanyakan warga setempat yang tempat tinggalnya dekat dengan sungai ini menceritakan tentang sosok makhluk ghaib siluman yang sangat menyeramkan, entah ini di sengaja atau hanya untuk menakut nakuti saja.

Ada yang mengatakan sungai bengawan solo ini di huni oleh makhluk ghaib yang bernama Kalap atau Kalab, Buaya putih, Ular raksasa atau pun ikan jin yang bila seseorang memancing dan mendapatkan ikan ini dia akan sakit bahkan meninggal dunia. ada juga cerita bahwa Joko Tingkir pernah berkelahi dengan Siluman Buaya Putih di Sungai ini.
Waduk Sungai Bengawan Solo di Kendal Kecamatan Babat
Sungai Bengawan solo di kecamatan babat lamongan ini masih menyimpan banyak misteri yang hingga kini belum terpecahkan
Di tempatku sendiri di daerah kecamatan Babat kabupaten lamongan, misteri sungai bengawan solo ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat bahkan mereka beranggapan bila ada Korban orang yang tenggelam dan tewas di sungai terpanjang di jawa ini pelakunya tak lain adalah makhluk halus bernama kalap yang meminta tumbal anak manusia dan ada juga yang mengatakan bahwa pelakunya adalah buaya putih yang juga katanya setiap 10 tahun sekali meminta korban.

Beberapa hari yang lalu Warga sekitar Babat juga digemparkan dengan berita mengenai munculnya Buaya di Sungai Bengawan Solo. ada yang bilang muncul 7, 10 hingga 12 ekor...ah...ini sih cuma kabar yang gak jelas. Video munculnya Buaya ini juga sudah menyebar dan ramai diperbincangkan, namun bila dilihat dalam rekaman itu tak ada satupun yang memperlihatkan sosok buaya.

Dari berbagai cerita rakyat dan mitos di sungai bengawan solo ini belum ada satu pun yang terbukti kebenarannya, malah saya sendiri beranggapan bahwa cerita ini hanyalah rekayasa saja yang memang di buat untuk menakut nakuti anak anak supaya berhati hati bila hendak bermain di sungai ini.
Sungai dengan panjang 548 km dan lebarnya terus berubah ini memang penuh misteri bahkan ada di beberapa tempat yang setiap bulan purnama tiba mereka akan memberikan bunga dan wewangian lalu di hanyutkan ke sungai ini dengan bertujuan supaya mendapat keselamatan biar tidak ada bencana yang akan terjadi di musim musim berikutnya, sungguh memilukan kelakuan segelintir orang ini…semoga saja mereka di beri hidayah oleh Allah swt dan kembali ke jalan yang benar.

Saat musim hujan tiba air di bengawan solo ini sangat besar dan arusnya juga sangatlah deras tapi penduduk setempat malah menjadikan pinggir sungai ini menjadi tempat wisata dadakan yang hanya bisa di saksikan saat musim hujan saat keadaan air sungai meluap dan Banyak juga dari mereka yang berfoto foto ria lalu memposting hasil jepretan ke media sosial. Wao…sungguh luar biasa bukan..!

Nah itulah sedikit cerita misteri dari bengawan solo di beberapa daerah seperti bojonegoro, babat, tuban dan lamongan yang sampai saat ini belum terpecahkan dan belum terbukti akan kebenarannya…jadi semua kembali ke diri kita masing masing.