Manfaat dan Khasiat Minuman Legen Untuk Kesehatan Tubuh Khususnya Ginjal


Manfaat Minuman Legen - Taukah anda Legen? Legen merupakan nama dari minuman tradisional yang banyak di jumpai di daerah wilayah Jawa timur dan juga Jawa Tengah di Indonesia. Minuman legen ini mempunyai rasa yang khas yaitu terasa manis dan bersoda bila di dalam mulut dan Air legen ini diambil langsung dari bagian pohon buah siwalan.

Bila kita akan menuju ke Kota Yogyakarta dan melalui daerah jalur selatan dari kota Jakarta, kita pasti akan menemui banyak pedagang Legen atau pun Badeg di sepanjang 7 Km sebelah barat Kota Gombong. yaitu tepatnya berada di Kecamatan Rowokele - Kebumen propinsi Jawa Tengah. Minuman Legen dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit termasuk juga dapat menyehatkan Ginjal
Minuman Legen Asli Tuban
Daerah dan wilayah penghasil minuman legen

Banyak Kota dan daerah yang menghasilkan minuman legen ini diantarannya yaitu: Wonosobo, Purworejo, kebumen, Tuban, Rembang, Pati, Lamongan dan gersik.

Sekitar tahun 1990-an yaitu didaerah Pati dan juga Rembang minuman segar ini sudah mulai jarang untuk ditemukan, ini di karena pohon siwalan yang menghasilkan minum legen di sekitar daerah jawa timur dan jawa tengah telah banyak ditebangi oleh banyak penduduk sekitar untuk dijual dan digunakan sebagai bahan bakar untuk membakar atau proses membuat batu kapur untuk bahan-bahan bangunan.

Kata Nama legen ini bermula dan berasal dari kata percakapan orang jawa yaitu legi "dalam bahasa Jawa" yang juga berarti manis. Legen pada umumnya terbuat dari sari bunga pohon siwalan yang berjenis perempuan dan bunganya berbentuk sulur.

Baca juga
Proses Pengambilan dan Pembuatan Air Minuman Legen.

Minuman Legen Halal atau Haram? ini prosesnya, Mulannya tangkai bunga pohon siwalan ini dipotong sedikit lalu getahnya  di ambil dan ditampung pada sebuah wadah yang terbuat dari potongan batang bambu. Lamanya pengambilan getah dari bunga pohon siwalan ini biasanya hingga semalam 12 jam.

Proses pengambilannya ini biasannya di mulai pada sore hari, batang bambu diletakkan untuk sebagai penampung air legen dan saat pagi pada umumnya wadah dari bambu ini sudah hampir terisi penuh oleh air legen, inilah yang di sebut Air Legen Asli dan dari sinilah kita sudah bisa membedakan Cara mengetahui Legen Asli dan Palsu. tidak ada campuran apapun didalam minuman ini, berarti Minuman Legen itu Halal.

Baca Juga:



Manfaat dan Khasiat Legen super :

Minuman Legen Bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan

Benarkah air legen bisa mengobati dan menyembuhkan sakit Batu Ginjal? Di dalam Air Legen banyak mengandung cairan isotonis yang teryata dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang melalui keringatdan air kencing.

Menurut beberapa ahli gizi, kandungan Air Legen yang manis ini ternyata dapat Memperbaiki Fungsi dari organ penting yaitu Ginjal. Air Legen juga bisa Mengatasi dan mengobati Gejala Impotensi serta dapat Meningkatkan Produksi sel Sperma dan juga bisa mengobati ejakulasi dini.